PkM Universitas Teknokrat Indonesia Pelatihan Pembuatan soal Berbasis Literasi Numerasi di SMA IT Fitrah Insani Bandar Lampung

Bandar Lampung, - Di masa pandemi covid-19, Universitas Teknokrat Indonesia yang  merupakan PTS pertama di Sumatera dengan akreditasi baik sekali berdasarkan BAN-PT melaksanakan kolaborasi Pelatihan Soal Berbasis Literasi Numerasi dengan SMA IT Fitrah Insani Bandar Lampung. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring dengan peserta sembilan siswa kelas XI SMA IT Fitrah Insani. Tim Pelaksana kegiatan ini adalah dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Teknokrat Indonesia.

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. Kemampuan literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari dan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb). Dengan memiliki kemampuan literasi numerasi, siswa mampu berkolaboratif, berpikir kritis dan kreatif, sehingga mampu menghadapi tantangan dan menjadikan permasalahan lebih mudah dan sederhana.

Dalam pelaksanaannya,  kegiatan ini terdiri dari empat pertemuan yaitu sosialisasi kepihak sekolah, sosialisasi kepada siswa secara online dan pelaksanaan uji kemampuan literasi numerasi awal siswa,  pelatihan soal berbasis literasi numerasi, dan yang terakhir adalah uji kemampuan literasi numerasi akhir siswa serta penutupan. Pelatihan dilaksakan melalui platform Zoom sedangkan uji kemampuan melalui Google Classroom. Pada saat pelatihan, peserta dan pemateri berdiskusi mengenai literasi dan numerasi sehingga diharapkan meningkatkan kemampuan siswa dalam  menganalis informasi dan mengaplikasikan konsep bilangan.

Terimakasih Tim ucapkan kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, LPPM, dan pihak sekolah SMA IT Fitrah Insani atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.

Akhyar Rido, S.S., M.A., Ph.D. Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia menyampaikan, Kegiatan PkM ini merupakan pelatihan yang diinisiasi dosen program studi Pendidikan Matematika untuk meningkatkan literasi numerasi siswa SMA dengan dana hibah internal Universitas Teknokrat Indonesia. Harapannya agar program yang melibatkan dosen dan mahasiswa pendidikan matematika ini dapat berlangsung kontinue dan memberikan manfaat nyata bagi siswa SMA.